VISI,MISI & TUJUAN

VISI PRODI ILMU POLITIK

Visi Program Studi Ilmu Politik FISIP Unud yaitu Mengembangkan Program Studi Ilmu Politik yang menghasilkan lulusan Unggul, Kompetitif, Kritis, Mandiri, dan Berbudaya terhadap Dinamika Politik di tingkat Lokal maupun Global yang dicapai pada tahun 2029.

Unggul, memiliki makna Prodi Ilmu Politik FISIP Unud secara terencana melaksanakan proses pembelajaran berkualitas, didukung sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing di bidang politik baik konteks lokal dan global yang berfokus pada kajian penguatan praktik demokrasi berbasis kearifan lokal. Melalui keunggulan ini, Prodi Ilmu Politik FISIP Unud diarahkan menjadi lembaga pendidikan sarjana yang terdepan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kompetitif, memiliki makna sumber daya manusia yang dihasilkan memiliki daya saing dan sanggup berkompetisi di tingkat lokal, nasional maupun global dengan spesifikasi keilmuan politik yang berfokus pada kajian penguatan praktik demokrasi berbasis kearifan lokal.

Kritis, memiliki makna bahwa sumber daya manusia yang dihasilkan memiliki kepekaan dan daya analitik terhadap fenomena politik baik konteks lokal maupun global dengan fokus kajian penguatan praktik demokrasi berbasis kearifan lokal.

Mandiri, memiliki makna semua sumber daya manusia yang dihasilkan memiliki kepribadian tangguh, percaya diri, dan berdaya saing tinggi sehingga mampu mengembangkan diri secara mandiri. Untuk itu, Prodi Ilmu Politik FISIP Unud sebagai lembaga pendidikan sarjana yang memiliki otonomi dalam berbagai aspek, terutama dalam pengembangan ilmu politik.

Berbudaya, memiliki makna bahwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran, Prodi Ilmu Politik FISIP Unud berlandaskan nilai-nilai budaya luhur yang sifatnya universal dengan memperhatikan nilai-nilai budaya lokal serta menoleransi keragaman budaya sekaligus menggali praktik demokrasi berbasis kearifan lokal.

MISI PRODI ILMU POLITIK

  1. Menyelengarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang politik baik konteks lokal dan global yang berfokus pada kajian penguatan demokrasi yang berbasis kearifan lokal.
  2. Mendidik mahasiswa Program Studi Ilmu Politik yang mandiri, kritis, dan berbudaya serta peka terhadap dinamika perkembangan politik.
  3. Mendorong perbaikan kualitas pembelajaran dan kajian Ilmu Politik termasuk peningkatan kapasitas staf pengajar akademik yang profesional terutama yang mengarah pada kompetensi keahlian dalam kelembagaan dan perilaku politik terkait praktik demokrasi yang berbasis kearifan lokal.
  4. Berkontribusi kepada perkembangan keilmuan politik yang memiliki sumbangsih pada nilai kemanfaatan bagi masyarakat dan negara.
  5. Menjadikan Program Studi Ilmu Politik sebagai laboratorium pada bidang  kelembagaan dan perilaku politik terkait praktik demokrasi yang berbasis kearifan lokal.

 

TUJUAN PRODI ILMU POLITIK

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Ilmu Politik yang memiliki pengetahuan dan keahlian (skill) di kajian kelembagaan dan perilaku politik terkait praktik demokrasi yang berbasis kearifan local.
  2. Menghasilkan lulusan Sarjana Ilmu Politik yang kritis dan dapat berpartisipasi dalam proses dinamika politik secara kelembagaan dan perilaku terkait praktik demokrasi yang berbasis kearifan local.
  3. Menghasilkan lulusan sarjana Ilmu Politik yang menguasai teori dan metodologi ilmu politik.
  4. Menghasilkan Sarjana Ilmu Politik yang memiliki kapasitas akademik dan keahlian yang memadai untuk melanjutkan studi S2 dan S3.
  5. Menjadikan Program Studi Ilmu Politik sebagai wahana penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkontribusi pada perbaikan kualitas kelembagaan dan perilaku politik terkait praktik demokrasi yang berbasis kearifan lokal.