Sosiologi

VISI PROGRAM STUDI SOSIOLOGI
Mewujudkan manusia unggul, mandiri, berbudaya, kompettif, serta mampu memecahkan dan memberikan sumbangan-sumbangan pemikiran yang mencerahkan dalam bidang sosial kemasyarakatan.

Unggul, artinya Prodi Sosiologi Fisip Unud mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan daya saing yang lebih besar dalam melaksanakan kiprahnya di masyarakat sesuai dengan disiplin keahlian keilmuannya, yaitu ilmu pengetahuan sosial. Kemampuan seperti itu dapat digunakan untuk menemukenali, menganalisis, dan memberi solusi terhadap berbagai persoalan sosial kemasyarakatan, baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional
Mandiri, artinya semua lulusan Prodi Sosiologi mempunyai kemampuan yang handal, cerdas, dan tidak tergantung pada orang lain dalam menghadapi dan menyikapi dunia sosial dan pada gilirannya mampu meningkatkan kualitas diri secara mandiri.
Berbudaya berarti semua lulusan Prodi Sosiologi memiliki perilaku yang sesuai dengan keyakinan dan tidak bertentangan dengan pola sosial dan norma sosial serta menjunjung nilai-nilai kebajikan yang ada di lingkungan masyarakat.
Kompetitif, artinya lulusan yang dihasilkan Prodi Sosiologi memiliki motivasi untuk maju dan bersaing secara sehat dan positif dalam dunia kerja.
Memecahkan persoalan kemasyarakatan, artinya semua lulusan Prodi Sosiologi berkemampuan memecahkan berbagai problem sosial yang ada di masyarakat sebagai hasil dari olah pikir yang positif. Sumbangan pemikiran positif tersebut bisa dalam bentuk pemikiran sintesis, rujukan pada kebijakan pemerintah, dan hasil-hasil meta analisis pada masalah yang sedang terjadi.

MISI PROGRAM STUDI SOSIOLOGI
1. Menyelenggarakan tugas kependidikan secara profesional untuk mencetak sarjana sosiologi yang mandiri dan memiliki kemampuan menganalisis isu-isu / permasalahan sosial aktual.
2. Menghasilkan karya ilmiah yang dapat dimanfaatkan dalam lingkup akademik sekaligus memiliki nilai kontribusi bagi masyarakat dalam menghadapi dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan.
3. Bersama-sama masyarakat membangun dan mempraktikkan keilmuan sosiologi yang memihak kepentingan publik yang teraplikasi pada pengabdian masyarakat, diseminasi wacana, dan pengambilan kebijakan.

TUJUAN PROGRAM STUDI SOSIOLOGI
Tujuan Pendidikan
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan kompetensi dalam menganalisis segenap perkembangan dan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.
2. Menghasilkan lulusan yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat, lembaga pemanfaat keahliannya, dan kemampuan mengkreasi aktivitas dunia kerja dalam mencari solusi terhadap problem yang dihadapi masyarakat.
3. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam proses belajar mengajar serta penguasaan dan pemahaman terhadap bidang kajian yang ditekuni dan diminati
4. Mendorong terciptanya suasana akademis yang kondusif antara tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
Tujuan Penelitian
1. Menciptakan iklim kondusif bagi penelitian sosial budaya berbasis masyarakat Bali pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya ke dalam pola kebijakan yang memihak masyarakat.
2. Menghasilkan penelitian yang membuka cara pandang baru terutama pada pemecahan masalah kemasyarakatan.
Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat
1. Meningkatkan kepekaan sosial di kalangan tenaga pendidik dan mahasiswa Sosiologi
2. Meningkatkan keterlibatan Prodi Sosiologi pada aktifitas penyuluhan dan pelatihan yang bersifat pemberdayaan masyarakat.
3. Menyebarkan diseminasi wacana di kalangan masyarakat sebagai upaya peningkatan kepekaan terhadap realitas sosial yang sedang berkembang.

Berita di_ Sosiologi

Buku Pedoman Akademik 2016

Untuk Mahasiswa Baru 2016 diwajibkan mambaca Buku Pedoman Akademik tahun 2016 untuk hari...

DAFTAR GUGUS MAHASISWA BARU

Kepada Mahasiwa Baru, daftar Gugus bisa didownload dibawah ini…. GUGUS PKKMB FISIP 2016...