Kali Pertama, Ida Ayu Alit Srilaksmi Langsung Raih Gelar Duta Bahasa Provinsi Bali

Pada tanggal 10 Juni 2023, di ruang Kertagosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, ajang Duta Bahasa Provinsi Bali 2023 berlangsung meriah. Ajang pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bali 2023 menarik minat lebih dari 60 peserta se-provinsi Bali. Kegiatan ini bukan hanya menjadi tempat para peserta untuk tampil, melainkan juga tempat untuk menciptakan generasi emas yang bertalenta dalam bidang bahasa dan sastra.

Ida Ayu Alit Srilaksmi, mahasiswi Ilmu Komunikasi 2021, yang merupakan salah satu peserta dalam ajang tersebut membagikan pengalaman menariknya. Rupanya, ajang ini menjadi pengalaman pertamanya dalam dunia pageant. Berkat rasa keingintahuan dan keberanian dalam mengambil keputusan, gelar  Wakil II Duta Bahasa Provinsi Bali 2023 dan Duta Bahasa Warta Provinsi Bali 2023 berhasil ia raih.

Ketertarikannya terhadap bidang bahasa dan sastra terutama di bidang literasi menjadi motivasinya untuk mengikuti ajang Duta Bahasa Provinsi Bali 2023. Mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan berhasil meraih predikat Sangat Unggul menjadi pengalaman menarik dalam ingatannya. Selain itu, pengalaman lainnya yang ia dapatkan saat mengikuti ajang ini adalah dapat memahami konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ia mengungkapkan bahwa dukungan yang diberikan keluarga dan teman-teman Ilmu Komunikasi Universitas Udayana berperan penting dalam keberhasilannya meraih gelar Wakil II Duta Bahasa Provinsi Bali 2023 dan Duta Bahasa Warta Provinsi Bali 2023.

Tidak lupa, ia memberikan pesan yang penuh inspirasi untuk siapapun yang ingin mengikuti jejaknya, "Jangan takut untuk mencoba, jangan takut untuk berkompetisi karena Tuhan tidak akan membawamu sejauh ini hanya untuk gagal." Motivasi ini menjadi suatu dorongan untuk siapapun yang memiliki keinginan untuk mengeksplorasi potensi dan ketertarikan mereka dalam bidang bahasa dan sastra.